Jumat, 09 September 2011

Resume PBO Minggu ke-1

Object Oriented Programing (OOP) adalah sebuah pemrograman menggunakan Object, konsistensi Struktur Data, dari ruang data dan metod yang digabung menggunakan interaksi untuk membuat aplikasi dan program komputer.


OOP merupakan model pemrograman yang mengatur “Object” dengan aksi dan data dengan logika , sehingga sebuah program dapat dilihat sebagai Prosedur logika.

Paradigma Dasar (pilar-pilar) PBO :
  • Abstraction
  • Encapsulation
  • Inheritance
  • Polymmorph
Abstraction
adalah kelas yang tidak bisa digunakan untuk membuat suatu objek, dan hanya digunakan untuk membuat kelas turunan. Kelas abstrak hanya ada untuk mengekspresikan sifat umum yang dimiliki oleh kelas-kelas turunannya.

Encapsulation
dapat diartikan sebagai bungkusan ( wrapper ) pelindung program dan data
yang sedang diolah. Pembungkus ini mendefinisikan perilaku dan melindungi
program dan data yang sedang diolah agar tidak diakses sembarangan oleh
program lain.

Inheritance
Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method pada
sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap
subclass akan mewarisi state ( variabel-variabel ) dan behaviour ( methodmethod
) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state
dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi ( override )
state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.

Polymmorph
adalah konsep sederhana dalam bahasa pemrograman berorientasi
objek yang berarti kemampuan dari suatu variabel referensi objek untuk
memiliki aksi berbeda bila method yang sama dipanggil, dimana aksi method
tergantung dari tipe objeknya. Kondisi yang harus dipenuhi supaya
Polymmorph dapat diimplementasikan adalah :
  • Method yang dipanggil harus melalui variabel dari basis class atau superclass.
  • Method yang dipanggil harus juga menjadi method dari basis class.
  • Signature method harus sama baik pada superclass maupun subclass.
  • Method access attribute pada subclass tidak boleh lebih terbatas dari basis class.

Class
Class adalah struktur dasar dari pemrograman berorientasi objek yang mendefinisikan variable dan method-method pada seluruh objek tertentu. Class juga mendefinisikan tipe data baru untuk menciptakan model dari objek yang dibuat sesuai dengan tipe data baru tersebut.

Object
Objek adalah instance dari class. Objek merupakan perangkat lunak yang berisi sekumpulan variable dan method-method terkait. Objek merupakan entitas yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar